Siapakah Penduduk Rass?

Di dalam Alquran, selain kaum Ad dan kaum Tsamud, di antara kaum yang telah binasa Allah Ta’ala juga menyebut penduduk Rass.

وَعَادًا وَثَمُودَ وَأَصْحَابَ الرَّسِّ وَقُرُونًا بَيْنَ ذَلِكَ كَثِيرًا

“Dan Kami binasakan kaum Ad, kaum Tsamud, dan penduduk Rass, dan banyak lagi generasi-generasi di antara kaum-kaum tersebut.” (QS. Al-Furqan: 38)

Rass dalam bahasa Arab artinya sumur . Diceritakan bahwa penduduk Rass membunuh Nabi mereka dan menguburnya di dalam sebuah sumur. Di dalam Adhwaul Bayan disebutkan penduduk Rass adalah suatu kaum setelah kaum Ad dan Tsamud.

Ada yang mengatakan penduduk Rass (dan juga Aikah) adalah kaum yang diutus kepada mereka Nabi Syuaib. Ini pendapat Wahb bin Munabbih dan juga Qatadah.
Ada yang mengatakan mereka adalah bagian dari kaum Tsamud. Ini salah satu riwayat dari Ibnu Abbas
Ada yang mengatakan mereka adalah penduduk sebuah kampung di Yamamah. Ini salah satu pendapat Qatadah.
Ada yang mengatakan mereka adalah keturunan Yahudza yang menyembah pohon pinus.
Ada yang mengatakan penduduk Rass maksudnya ash-habul ukhdud dalam surah Al-Buruj. Ini pendapat Ibnu Jarir dalam Tafsir-nya.
Ada yang mengatakan mereka adalah kaum yang dikisahkan dalam surah Yasin, penduduk Anthakiyyah. Ini pendapat Ikrimah.

Ada juga riwayat dari Ibnu Abbas yang lain bahwa Rass adalah sebuah sumur yang terletak di Azerbaijan. Pendapat terakhir ini dinilai sahih oleh Syekh Salim bin Ied al-Hilali dalam kitabnya Shahih Qishash an-Anbiya.

Lantas siapakah Nabi yang diutus ke tengah-tengah mereka?

Ada yang berpendapat beliau adalah Hanzhalah bin Shafwan, sebagaimana pendapat Said bin Jubair disebutkan dalam Tafsir Baghawi. Akan tetapi yang tepat adalah ia satu di antara sekian nabi yang tidak diceritakan kisahnya karena tidak adanya dalil yang jelas menyebutkan demikian. Wallahu a’lam.

Kamis pagi, 18 Ramadan 1437 / 23 Juni 2016 | 08:40
Pondok Mertua Indah, PT. TEL, Muara Enim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *