Resensi Buku “Imunisasi Syari’at”

Manusia berlomba-lomba mengumpulkan harta, meskipun akhirnya mengorbankan kesehatannya. Namun, semua harta itu rela dikorbankannya demi mendapatkan kesehatan itu kembali. Begitulah sedikit gambaran yang menerangkan betapa berharganya kesehatan dan kesembuhan dari berbagai penyakit itu. Maka tidaklah mengherankan jika di era globalisasi ini, kesehatan menjadi prioritas utama dan harga mati dalam kehidupan manusia. Rumah sakit seolah tidak pernah sepi dari pengunjung. Para dokter selalu bermunculan seakan tidak pernah ada habisnya. Obat-obatan dan berbagai imunisasi semakin beranekaragam.

Namun sangat disayangkan, kebanyakan manusia hanya melihat hal ini dari sisi ilmiahnya saja. Terlalu bergantung dengan berbagai eksperimen berbagai ahli kedokteran. Mereka seolah lupa bahwa syari’at telah mengupas tuntas masalah ini. Maka dari sinilah, sang penulis, Ustadz Dr. Muhammad Arifin bin Badri, MA hafizhahullah hadir dengan tulisannya yang sangat menarik. Beliau begitu apik meracik resep imunisasi yang berbahandasarkan syari’at dari ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits-hadits yang shohih.

Imunisasi Syari’at. Itulah sepasang kata yang telah dipilih untuk menjadi judul buku ini oleh penulis, seorang alumnus doktoral Universitas Islam Madinah yang tidak diragukan lagi kadar keilmuan Beliau. Hal itu dapat diketahui dari berbagai karya tulis Beliau, baik berbentuk artikel maupun buku yang telah tersebar di penjuru nusantara.

Dengan gaya penyampaian yang terkesan hidup, seolah-olah sang penulis sedang berbicara langsung di hadapan para pembaca buku ini, menjadi nilai plus yang membuat buku ini semakin layak dikonsumsi oleh berbagai kalangan manusia, baik laki-laki maupun perempuan, tua maupun muda. Beliau juga secara gamblang menampilkan sekelumit kisah nyata bertabur ibrah yang semakin menghiasi buku berukuran 20 x 14 cm ini.

Salah besar jika kita mengira bahwa buku ini hanya menyuguhkan pengobatan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam saja, sebagaimana buku-buku Thibbun Nawawi yang banyak beredar di pasaran. Akan tetapi, buku ini juga menyusuri berbagai biang penyakit serta tindakan preventif dari kacamata syari’at. Bahkan buku ini mendeskripsikan solusi dari berbagai kendala dalam sisi kesehatan yang notabene dialami oleh sebagian besar manusia, berupa pengobatan yang berlabel manjur. Tidak hanya itu, Beliau juga menambahkan syarat pengobatan yang tepat dan beberapa peringatan penting seputar dunia medis atau kedokteran.

Buku terbitan Pustaka Darul Ilmi ini juga didesain secara menarik sehingga tidak terkesan monoton untuk dikonsumsi oleh para pembaca.  Apalagi buku ini sarat akan contoh nyata yang bersumber dari hadits-hadits shohih dan atsar-atsar dari Sahabat radhiyallahu ‘anhum di tiap permasalahannya. Sehingga buku ini sangat layak dimiliki oleh masyarakat umum, tidak terkecuali da’i dan para tholibul ‘ilmi. Semoga dengan membaca buku ini, bertambahlah keimanan kita terhadap agama Islam yang sempurna ini, yang telah membuktikan bahwa ialah sumber kebahagiaan kita semua. Wallahu A’lam.

 

Judul Buku         : Imunisasi Syari’at

(Terobosan Inovatif, Menangkal Berbagai Macam Penyakit)

Penulis                 : Dr. Muhammad Arifin bin Badri, MA

Tebal                    : vi + 138 halaman

Cetakan               : Pertama, April 2010 M

Penerbit              : Pustaka Darul Ilmi

 

Ditulis oleh Abu Ahnaf Roni Nuryusmansyah al-Falimbany..
Mahasiswa STDI Imam Syafi’i Jember..

_____________________
[Disalin dari majalah As-Furqon 111 Rabi’ul Awwal 1432 H / Februari 2011 M, hal. 69]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *