Petuah Ulama Seputar Puasa Ramadan

#1
Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu pernah berpetuah,

إذَا صُمْتَ فَلْيَصُمْ سَمْعُك وَبَصَرُك وَلِسَانُك عَنِ الْكَذِبِ وَالْمَآثِمِ

“Apabila engkau berpuasa, hendaklah berpuasa pula pendengaran, penglihatan, dan lisanmu dari dusta dan dosa-dosa.

وَدَعْ أَذَى الْخَادِمِ ، وَلْيَكُنْ عَلَيْك وَقَارٌ وَسَكِينَةٌ يَوْمَ صِيَامِك

Tinggalkanlah hal-hal yang dapat menyakiti orang lain. Hendaknya engkau berwibawa dan bersikap tenang di hari puasamu.

وَلاَ تَجْعَلْ يَوْمَ فِطْرِكَ وَيَوْمَ صِيَامِكَ سَوَاءً

Serta, janganlah engkau jadikan hari-hari puasamu dan hari-hari saat engkau tidak berpuasa… sama saja… tak ada bedanya…”

(Mushannaf, Ibnu Abi Syaibah: 8973)
*) Ada sebagian ahli hadis menilai atsar ini maqthu’, hanya sampai di tabiin

 

#2
Atha bin Saib rahimahullah pernah berujar,

كان أصحابنا يقولون أهون الصيام ترك الطعام والشراب

“Dahulu sahabat-sahabat kami sering berkata: puasa yang paling rendah tingkatannya yaitu puasa yang hanya meninggalkan makan dan minum saja.”

(al-Mathalib al-Aliyah, Ibnu Hajar al-Asqalany)

 

#3
Ibnu Rajab al-Hanbali rahimahullah pernah bertutur,

الصبر ثلاثة أنواع: صبر على طاعة الله، وصبر عن محارم الله، وصبر على أقدار الله المؤلمة. وتجتمع الثلاثة كلها في الصوم، فإنّ فيه صبراً على طاعة الله، وصبراً عمّا حرّم الله على الصائم من الشهوات، وصبراً على ما يحصل للصائم فيه من ألم الجوع والعطش

“Sabar itu ada tiga macam:
[1] Sabar di atas ketaatan kepada Allah;
[2] Sabar dari hal-hal yang diharamkan Allah;
[3] Sabar di atas hal-hal yang menyakitkan dari takdir Allah;

Ketiga hal ini terkumpul di dalam puasa. Karena di dalamnya terdapat kesabaran di atas ketaatan kepada Allah, kesabaran dari apa yang Allah haramkan terhadap orang yang berpuasa dari berbagai macam kesenangan syahwat, dan kesabaran dari apa yang menimpa orang yang berpuasa berupa rasa sakit menahan lapar dan dahaga.”

(Latha-if al-Ma’arif)

 

#4
Ibnul Qayyim rahimahullah menyifati orang yang jujur dalam berpuasa,

هو الذي صامت جوارحه عن الآثام، ولسانه عن الكذب والفحش وقول الزور، وبطنه عن الطعام والشراب، وفرجه عن الرفث، هذا هو الصوم المشروع، لا مجرد إمساك عن الطعام والشراب

“Dia yang berpuasa anggota badannya dari dosa-dosa. Berpuasa lisannya dari ucapan keji dan dusta. Berpuasa perutnya dari makan dan minum. Berpuasa kemaluannya dari perbuatan nista. Inilah puasa yang disyariatkan, bukan sekadar menahan diri dari makanan dan minuman.”

(al-Wabil ash-Shayyib)

 

#5
Yahya bin Muadz rahimahullah pernah berkata,

الجوعُ طعامٌ به يقويّ اللهُ أبدان الصديقين

“Rasa lapar itu adalah makanan yang dengannya Allah menguatkan badan orang-orang yang shiddiq.”

(‘Uyub an-Nafs)

 

#6
Dikatakan kepada Ahnaf bin Qais rahimahullah,

!إنك كبير والصوم يُضعفك

“Engkau itu sudah lanjut usia. Puasa hanya akan melemahkanmu!”

Lantas beliau membalas,

إني أعدّه لسفر طويل

“Sesungguhnya aku mempersiapkannya sebagai bekal untuk perjalanan yang panjang.”

(Siyar al-A’lam an-Nubala: 4/91)

 

#7
Utsman bin Affan radhiyallahu ‘anhu pernah berkata,

لو طهرت قلوبنا؛ لما شبعت من كلام الله

“Jika hati kita itu suci-bersih, niscaya ia tidak pernah merasa kenyang atau bosan dari membaca kalamullah.”

(Ighatsah al-Lahfan)

 

#8
Bisyr pernah ditanya mengenai orang yang hanya beribadah di bulan Ramadan saja. Lantas beliau berkomentar,

بئس القوم لا يعرفون لله حقا إلا في رمضان، إن الصالح الذي يتعبد و يجتهد السنة كلها

“Seburuk-buruk kaum ialah mereka yang tidak mengenal hak Allah kecuali pada bulan Ramadan saja. Sesungguhnya orang yang saleh itu ialah orang yang beribadah dan bersungguh-sungguh sepanjang tahun.”

(Latha-if al-Ma’arif)

 

#9
Khaitsamah rahimahullah pernah berkata,

كان يُعجبهم أنْ يموتَ الرَّجل عند خيرٍ يعمله؛ إما حجّ، وإما عمرةٌ، وإما غَزاة، وإما صيام رمضان

“Di antara hal yang membuat manusia takjub-kagum adalah seorang yang meninggal ketika tengah melaksanakan kebaikan: baik itu haji, umrah, berperang, maupun… puasa Ramadan.”

(Shifah ash-Shafwah)

 

#10
Imam Az-Zuhri rahimahullah, ketika berjumpa dengan Ramadan, ia berkata,

إنما هو تلاوة القرآن، وإطعام الطعام

“Bulan untuk membaca Alquran dan memberi makan.”

(Latha-if al-Ma’arif)

 

#11

سئل أحد السلف: لم شُرع الصيامُ؟!

Salah seorang ulama salaf pernah ditanya, “Mengapa disyariatkannya puasa?”

فقال: ليذوق الغني طعم الجوع؛ فلا ينسى الفقير

Ia lantas menjawab, “Agar si kaya merasakan perihnya rasa lapar, sehingga ia tidak melupakan si fakir-miskin.”

 

#12
Dokter ternama Perancis pernah mengatakan,

(لو لم يكن في الإسلام إلا الصوم ومنع الخمور؛ لكفى ذلك سبباً في اتّباعه، نظراً لما لذلك من أثر يحمي المعدة والكبد وبقية الجسم من مصائب فتاكة)

“Sekiranya tidak terdapat di dalam Islam kecuali perintah puasa dan larangan minum khamr saja, maka hal itu sudah cukup menjadi sebab untuk mengikutinya (Islam). Dilihat dari pengaruhnya dalam menjaga lambung, hati, serta seluruh badan dari penyakit-penyakit yang membahayakan.”

(I’tiraf Muta-akhirah al-Masyahir)

 

#13
Ibnu Adi rahimahullah pernah berkisah,

صام داود بن أبي هند أربعين سَنة لا يعلم به أهله !! وكان خرَّازًا يحملُ معه غداءه من عندهم؛ فيتصدق به في الطريق، ويرجع عِشاءً فيفطر معهم

“Dawud bin Abi Hind berpuasa selama empat puluh tahun, sementara keluarganya tidak mengetahui hal itu. Beliau adalah seorang tukang jahit sepatu kulit. Ia biasa membawa bekal sarapan dan makan siangnya, lantas ia sedekahkan di tengah perjalanan. Lalu ia pulang ketika hari menjelang malam dan berbuka bersama keluarganya.”

(At-Tadzkirah al-Hamduniyyah), kisah ini pun terdapat di dalam Nuzhat al-Fudhala.

#14
Ibnu Qudamah rahimahullah pernah berpesan,

وللصوم ثلاث مراتب صوم العموم، وصوم الخصوص، وصوم خصوص الخصوص

“Puasa itu memiliki tiga tingkatan:
[1] Puasa umum
[2] Puasa khusus
[3] Puasa istimewa

فأما صوم العموم فهو كف البطن والفرج عن قضاء الشهوة

Adapun puasa umum ialah menahan perut dan kemaluan dari melampiaskan syahwat.

وأما صوم الخصوص فهو كف النظر، واللسان، والرجل، والسمع، والبصر، وسائر الجوارح عن الآثام

Adapun puasa khusus ialah menahan pandangan, lisan, kaki, pendengaran, dan penglihatan, dan seluruh anggota tubuh dari dosa-dosa.

وأما صوم خصوص الخصوص: فهو صوم القلب عن الهمم الدنية، والأفكار المبعدة عن الله وكفه عما سوى الله بالكلية

Adapun puasa istimewa ialah puasanya hati dari ambisi yang rendah, dari pikiran yang menjauhkannya dari Allah, serta menahan hati dari berpaling kepada selain Allah secara sempurna.”

(Mukhtashar Minhaj al-Qashidin)

 

#15
Ibnu Abdil Barr rahimahullah mengatakan

كفى بقوله : ( الصوم لي ) فضلا للصيام على سائر العبادات

“Cukuplah firman Allah dalam hadis qudsi: puasa itu untuk-Ku, menunjukkan keutamaan puasa dibandingkan dengan seluruh ibadah yang lainnya.”

#16
Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam tidak pernah meninggalkan iktikaf sejak hijrah dari Mekah ke Madinah, ujar Az-Zuhri.

 

#17
Waki’ bin al-Jarrah rahimahullah pernah mengatakan,صدقة الفطر لشهر رمضان كسجدتي السهو للصلاة، تجبران نقصان الصوم كما يجبرالسهو نقصان الصلاة

“Zakat fitri terhadap bulan Ramadan bagaikan dua sujud sahwi terhadap salat. Ia menambal kekurangan puasa, sebagaimana sujud sahwi menambal kekurangan salat.”

(Shifah ash-Shafwah)

*) Dikutip dari status Facebook Ramadan tahun lalu 1436

Kamis siang, 18 Ramadan 1437 / 23 Juni 2016
Tanjung Enim Lestari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *