Lomba Menulis Berhadiah Buku Jika Ustaz Jadi Wasit Gratis

Alhamdulillah, atas izin Allah, naskah buku saya berjudul Jika Ustaz Jadi Wasit berhasil diterima penerbit Quanta Elex Media untuk diterbitkan. Sebagai wujud rasa syukur, saya ingin membagikan buku perdana saya ini secara gratis kepada teman-teman. Oleh sebab itu, saya mengadakan lomba menulis ini.

Diharapkan lomba ini juga bisa memupuk semangat kita untuk mencintai buku (dengan rela berkorban mengikuti lomba demi sebuah buku), dan semangat kita untuk terus menulis dan berkarya. Jangan terkecoh dengan panjangnya info lomba ini. Lomba ini gampang, tidak mensyaratkan tag orang, administrasi pembayaran plus scan bukti transfer, tidak pula formulir, scan foto diri, dan lain sebagainya seperti lomba menulis pada umumnya.

Keep writing!

TATA CARA

  1. Anda dipersilakan membuat tulisan nonfiksi, baik berupa kisah nyata, artikel, perenungan, curhat, dan semisalnya dengan tema nilai-nilai Islam yang mulai terabaikan dan wujud realisasinya di dalam salah satu aspek kehidupan, baik berupa tempat seperti di lapangan hijau, di dalam angkutan umum, kereta, di sekolah, kantin, kantor, dan tempat lainnya, atau berupa profesi, seperti sebagai seorang perawat, guru, polisi, dan lain sebagainya. Tulislah semenarik mungkin!Diharapkan setelah membaca tulisan Anda, pembaca akan menyadari betapa pentingnya mengaplikasikan nilai-nilai Islam di seluruh sendi kehidupan. Untuk lebih jelas, Anda bisa bertanya di kolom komentar.
  2. Naskah dikirim ke email jika_ustaz @ yahoo.com (hilangkan spasi di antara tanda @) dengan ketentuan:- Subject (judul) Email: Naskah Jika Ustaz Jadi Wasit
    – Cantumkan biodata Anda yang terdiri dari unsur berikut:
    === Nama lengkap Anda (nama asli)
    === Alamat rumah Anda (tulis yang lengkap beserta kode pos, untuk tujuan pengiriman buku)
    === Nomor HP
    === Alamat email di Facebook (bagi Anda yang membantu publikasi via Facebook)
    === Username anda di Twitter (bagi Anda yang membantu publikasi via Twitter)
    === Usia
    === Jenis kelamin
    === Profesi (tulis sedetil mungkin)
  3. Deadline: Naskah Anda ditunggu paling lambat yaitu tanggal 9 Januari 2014, pukul 21:00 WIB.
  4. Pengumuman nama-nama yang menjadi pemenang insya Allah akan dilakukan tanggal 16 Januari 2014. Akan tetapi jika saya tidak bisa mengakses internet karena saat itu tengah mengikuti KKN, maka pengumuman pemenang diundur hingga tanggal 15 Februari 2014 di website KristalIlmu.com.
  5. Peserta tidak perlu membayar sepeser pun untuk mengikuti lomba ini, alias GRATIS.
  6. 5 pemenang lomba akan mendapatkan satu eksemplar buku Jika Ustaz Jadi Wasit secara gratis, termasuk ongkos kirim.

* * *

Kriteria Naskah

  1. Naskah harus asli/orisinal, hasil karya tulis Anda sendiri, bukan tulisan orang lain, bukan naskah terjemahan, bukan naskah daur ulang atau saduran, dan tentu saja bukan naskah jiplakan.
  2. Naskah diketik rapi dengan format huruf Times New Roman ukuran 12, spasi 1,5, A4. Minimal 200 kata dan maksimal 800 kata.
  3. Satu orang penulis hanya boleh mengirimkan satu naskah.
  4. Naskah yang dikirim BELUM PERNAH dipublikasikan di mana pun, baik itu media cetak (majalah, koran, tabloid) maupun media digital (milis, blog, facebook, dll).

* * *

Syarat Wajib: Bantuan Publikasi

Mari galakkan budaya berbagi. Saat ini generasi “kita”, bukan lagi generasi “saya” dan “aku”. Ajak teman-teman untuk bersama mendapatkan buku Jika Ustaz Jadi Wasit ini juga bersama Anda. Toh lomba ini tidak hanya menentukan satu pemenang, tapi lima pemenang sekaligus.

Oleh sebab itu, setiap peserta lomba ini WAJIB membantu publikasi melalui Facebook atau Twitter. Boleh salah satu saja. Tapi kalau mau kedua-duanya juga sangat diperbolehkan.

Sangat Penting: Bantuan publikasi HARUS langsung Anda lakukan setelah membaca dan memahami semua info dan persyaratan lomba ini. Walau Anda belum mulai membuat tulisan, bantuan publikasi harus dilaksanakan SESEGERA MUNGKIN. 

I. Untuk Publikasi di Facebook:

  1. Pastikan Anda sudah me-like fans page Jika Ustaz Jadi Wasit di sini.
  2. Sejak awal (lebih cepat lebih baik), Anda harus sudah memasang dua foto yang telah disiapkan di wall FB Anda. Contohnya ada di bawah. Tidak harus jadi foto profil, tapi cukup ditaruh di wall FB Anda. Silakan download kedua foto pertama dan kedua ke komputer Anda, lalu upload ke wall Facebook Anda.
  3. Untuk tujuan pemberitahuan kepada panitia, diharuskan me-mention fans page Jika Ustaz Jadi Wasit dan menge-tag akun Roni Nuryusmansyah. Tidak harus meng-add akun tersebut.
  4. Anda boleh men-tag orang lain, tapi tidak wajib. Dan tag Anda tidak ada hubungannya dengan menang tidaknya Anda pada lomba ini.
  5. Pada keterangan gambar, sertakan penjelasan singkat mengenai lomba ini sekreatif mungkin, lalu taruh link ke info lomba ini (silahkan copy paste saja). Berikut adalah linknya:
    http://kristalilmu.com/lomba-menulis-berhadiah-buku-jika-ustaz-jadi-wasit-gratis/
  6. Anda boleh meng-upload foto MINIMAL 2 kali selama lomba ini berlangsung dengan interval waktu keduanya tidak boleh kurang dari 24 jam. Adapun waktunya terserah kapan saja, asal lomba masih berlangsung. Satu foto pertama dan satunya foto kedua. Frekuensi Anda dalam meng-upload foto akan menjadi salah satu unsur penilaian.

 

II. Untuk Publikasi di Twitter:

  1. Pastikan Anda sudah mem-follow akun @roni_ahnaf
  2. Buatlah tweet yang mengandung unsur-unsur:
    – Informasi mengenai lomba ini (sekreatif mungkin)
    – Link atau URL ke info lomba ini, yakni http://goo.gl/7dei4j
    – Mention ke @roni_ahnaf
    – Hastag #JikaUstazJadiWasit
    Contoh: Mau buku #JikaUstazJadiWasit karya @roni_ahnaf secara #gratis? Yuk ikuti lombanya di sini http://goo.gl/7dei4j
  3. Anda boleh mention ke orang lain, tapi tidak wajib. Dan mention Anda tidak ada hubungannya dengan lolos tidaknya Anda pada audisi ini.
  4. Tweet harus dimuat minimal 10 kali dengan interval waktu masing-masing tweet tidak kurang dari 6 jam. Adapun waktunya boleh kapan saja asalkan lomba masih berlangsung. Frekuensi Anda dalam nge-tweet akan menjadi salah satu unsur penilaian juri. Anda dapat menggunakan layanan scheduled tweets seperti Hootsuite, Tweerdeck, dan sebagainya.
  5. Anda boleh saja menggunakan layanan seperti twitlonger dan seterusnya. Tapi ingat: Twit Anda tetap harus maksimal 140 karakter. Tak boleh lebih! Jangan sampai ada teks yang terpotong!

* * *

Untuk info yang kurang jelas, silakan bertanya di kolom komentar.
Terima kasih. Ditunggu naskah terbaik Anda. Salam sukses selalu!

Wassalam,

Roni Nuryusmansyah
Penulis Buku Jika Ustaz Jadi Wasit

 

Comments

  1. By isal kusmayandi

    Reply

    • Reply

  2. Reply

    • Reply

      • Reply

        • Reply

  3. By nuzulul

    Reply

    • Reply

      • By bima

        Reply

        • Reply

  4. By bintu sjam

    Reply

    • Reply

  5. By andalan

    Reply

    • Reply

  6. By Mir'atul Maratik

    Reply

    • Reply

  7. By Diska Fratiwi

    Reply

    • Reply

      • By Juju Sri Rahayu

        Reply

  8. By Rosiana

    Reply

    • Reply

  9. By Sarwoendah Rahmawati

    Reply

  10. By etik

    Reply

  11. By etik

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *