Kriteria Istri Idaman

Istri adalah pendamping dalam mengarungi bahtera rumah tangga. Tentu hal yang sangat wajar, jika kaum Adam harus bijak dan cermat memilih calon istri. Istri yang buruk tentu hanya akan menjanjikan kebahagiaan semu yang akan berakhir dengan kehancuran. Sedangkan istri yang baik, ia tak hanya sekedar pendamping, tapi ia juga sosok urgen dalam terciptanya keluarga sakinah, mawaddah, dan rahmah. Karenanya, sudah seyogyanya bagi seorang muslim untuk mengetahui apa saja kriteria seorang pendamping hidup yang menjadi dambaan tiap muslim.

Shalihah
Wanita shalihah adalah dambaan setiap kaum Adam. Tak terkecuali. Ia bak bidadari yang dipingit, tak sembarang orang kuasa mendapatkan hatinya. Ia perhiasan dengan keindahan yang tiada tara. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah.” (HR. Muslim)

Al-Qur’an menggambarkan sosok wanita shalihah dengan taat kepada Allah dan memelihara dirinya. Allah Ta’ala berfirman yang artinya, “Wanita-wanita yang shalihah ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara dirinya, oleh karena itu Allah memelihara mereka.” (QS. An-Nisa’: 34)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di lain kesempatan juga menggambarkan profil wanita idaman. Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya, “Wahai Rasulullah, wanita manakah yang paling baik?” Maka Beliau menjawab, “Yang mentaati sang suami ketika ia memerintahnya, yang menyenangkan bila suami melihatnya, dan yang menjaga suaminya dengan cara menjaga dirinya dan harta suaminya.” (HR. An-Nasa-i, dishahihkan oleh Syaikh Albani)

Dalam riwayat Ahmad, “…Dan yang tidak menyalahinya dalam (urusan) dirinya, dan juga tidak menyalahinya dalam (urusan) harta suaminya dengan sesuatu yang tidak disukai suaminya.” (HR. Ahmad, dishahihkan oleh Syaikh Albani)

Wanita shalihah tak hanya gemar membantu suaminya dalam urusan dunia, tapi juga akhirat. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Hendaklah kalian memiliki hati yang bersyukur, lisan yang berdzikir dan istri beriman yang membantu kalian dalam urusan akhirat.” (HR. Ibnu Majah, shahih). Wanita shalihah tentu menjaga norma-norma syar’i lainnya, seperti mengenakan hijab, dan lain sebagainya.

Beragama dan Berakhlak Baik
Ini adalah syarat mutlak yang harus dimiliki seorang istri idaman. Rasulullah menyebutkan salah satu jalan untuk meraih kebahagiaan, yaitu mengedepankan agama di atas segalanya dalam memilih seorang pendamping hidup . Beliau bersabda, “Wanita itu dinikahi karena empat perkara: 1) karena hartanya, 2) keturunannya, 3) kecantikannya, dan 4) agamanya. Pilihlah perempuan yang baik agamanya, niscaya kamu akan beruntung.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Penyayang & Subur
Islam juga menganjurkan kita untuk memilih istri yang penyayang dan subur. Hal itu bisa dilihat dari garis keturunannya, baik ibu maupun saudari perempuannya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Nikahilah wanita yang penyayang dan subur (mampu memiliki banyak keturunan). Karena sesungguhnya aku bangga dengan banyaknya kalian (sebagai umatku).” (HR. Abu Dawud, dishahihkan oleh Syaikh Albani)

Akhir kata, kita memohon kepada Allah agar Dia menganugerahkan kita istri yang shalihah, yang mampu membantu kita agar semakin dekat kepada-Nya.

 

Sabtu, 10 Rabi’ul Akhir 1433 H / 3 Maret 2012 M

 

Penulis: Roni Nuryusmansyah
Pemuraja’ah naskah: Ust. Muhammad Hafizh, Lc
Artikel: www.kristalilmu.com

 

*) Artikel ini pernah dimuat oleh Buletin An-Nashihah STDI Imam Syafi’i Jember dalam rubrik Fawaid, pada tanggal 23 Maret 2012 M

Comments

  1. Reply

    • By Roni Nuryusmansyah -admin-

      Reply

  2. By ismail

    Reply

    • By Roni Nuryusmansyah -admin-

      Reply

  3. Reply

    • By Roni Nuryusmansyah -admin-

      Reply

  4. By fulan

    Reply

  5. By dedhy

    Reply

    • By Roni Nuryusmansyah -admin-

      Reply

  6. Reply

    • By Roni Nuryusmansyah -admin-

      Reply

  7. By masyan

    Reply

    • By Roni Nuryusmansyah -admin-

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *