Kiat Dasar Menuntut Ilmu

Di antara kiat-kiat dasar dalam menuntut ilmu:

1. Berdoa
Seorang penuntut ilmu hendaklah sibuk berdoa kepada Allah meminta kemudahan dalam menuntut ilmu, meminta tambahan ilmu, meminta keberkahan dan kemanfaatan ilmu, dan semisalnya.

2. Ikhlas
Seorang penuntut ilmu harus mengikhlaskan niatnya dalam menuntut ilmu, berharap pahala dan balasan dari Allah, bukan berharap dunia seperti harta, wanita, pujian, popularitas, dll.

3. Menjauhi Maksiat
Seorang penuntut ilmu harus menjauhi maksiat dan dosa. Karena ilmu adalah cahaya dan dosa adalah kegelapan, tidak bisa bersatu. Maksiat adalah sebab susah memahami ilmu dan mudahnya ilmu tsb hilang.

4. Membaca Sejarah Para Ulama
Seorang penuntut ilmu selayaknya membaca kisah sejarah hidup para ulama agar selalu termotivasi dan semangat dalam menuntut ilmu.

5. Membaca Buku Adab Menuntut Ilmu
Di antara sebab keberkahan ilmu adalah mempelajari ilmu dengan adab. Karena itu seorang penuntut ilmu harus mempelajari adab penuntut ilmu dan rambu-rambu dalam menuntut ilmu.

6. Bergaul dengan teman yang baik
Di antara hal yang harus diperhatikan seorang penuntut ilmu adalah selektif memilih pertemanan. Jangan berteman dekat kecuali dengan seseorang yang baik agama dan akhlaknya, yang mengajak kita menjadi pribadi yang lebih baik.

7. Bersungguh-sungguh dan tidak putus asa
Menuntut ilmu adalah jalan yang penuh tantangan. Maka tempuhlah dengan kesungguhan dan kesabaran. Jangan menyerah jika mengalami kesulitan di awal. Karena jika kita jujur dalam bersungguh-sungguh akan Allah mudahkan. Menuntut ilmu butuh waktu yang panjang.

8. Memperhatikan teman dan kenalan sekitar
Ada di antara mereka yang lebih muda, lebih sibuk, dll, tapi ilmunya jauh mengungguli kita. Jadikan ini sebagai motivasi agar kita lebih bersemangat menuntut ilmu.

9. Mengatur waktu
Waktu adalah harta katun yang paling berharga. Seorang penuntut ilmu akan memaksimalkannya sebaik baiknya dalam kebaikan untuk menambah ilmu dan amal. Tidak banyak menyia-nyiakan waktu.

10. Mengulang ilmu yang telah dipelajari
Baik ilmu yang telah dihafal ataupun dibaca. Karena sejatinya hakikat ilmu adalah pengulangan. Jika kita sering mengulang suatu pelajaran kita akan menguasainya.

11. Menyebarkan ilmu
Seorang penuntut ilmu hendaknya semangat menyebarkan ilmu yang dimiliki selama tidak melalaikan dia dari menuntut ilmu. Karena dengan menyebarkan ilmu, ilmu tsb akan semakin kokoh.

12. Banyak bersyukur kepada Allah
Bersyukurlah kepada Allah atas ilmu yang kita dapatkan karena itu semua pemberian dari Allah. Jika kita bersyukur dengan sebenarnya maka Allah akan menambahnya.

13. Waspada untuk tampil sebelum saatnya
Di antara hal yang harus diwaspadai penuntut ilmu adalah keinginan tampil sebelum saatnya. Belum matang sudah dipetik. Sehingga dia sibuk dengan popularitas dan jabatan sebelum ilmunya benar benar matang, dan akhirnya dia tidak sibuk menambah ilmu.

14. Menyandarkan faidah kepada pemiliknya
Di antara adab penuntut ilmu adalah menyebutkan yang memberi faidah saat membahas suatu faidah. Ini bentuk syukur kita kepada orang tsb.

15. Memaksimalkan keberadaan ahli ilmu dan majelis ilmu mereka
Bersemangatlah menghadiri kajian selama ahli ilmu masih ada di tengah tengah kita. Ambillah adab mereka sebelum ilmu mereka.

16. Banyak membaca Alquran
Karena hal tsb bisa memudahkan kita memahami ilmu dan memudahkan mendapatkan keberkahan waktu. Jadi tidak selayaknya seorang penuntut ilmu jauh dari membaca dan menghafal Alquran.

Disarikan dari kitab Ya Thalibal Ilmi Syaikh Abdul Aziz as Sadhan hafizhahullah.

Roni Nuryusmansyah

Sabtu pagi, 27 Dzulqa’dah 1441 / 18 Juli 2020
Weekend yang padat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *