Bagaimana Kita Mensyukuri Nikmat Allah?

Bagaimana cara kita mensyukuri nikmat Allah?

Pertama, kita mensyukuri nikmat tersebut dengan hati, yaitu dengan menyandarkan kenikmatan tersebut kepada Allah Ta’ala, yang telah menciptakan kenikmatan tersebut.

Allah Ta’ala berfirman yang artinya, “Dan segela kenikmatan yang ada pada kalian itu berasal dari Allah.” (QS. An-Nahl: 53)

Kedua, kita mensyukuri nikmat tersebut dengan lisan, yaitu dengan memperbanyak ucapan syukur dan terima kasih atas kenikmatan tersebut. Ucapan pujian atau terima kasih tersebut adalah inti dari rasa syukur. Itu termasuk ucapan yang paling utama yang lisan gerakkan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Ucapan ‘alhamdulillah’ mengisi mizan.” (HR. Muslim)

Ketiga, kita mensyukuri nikmat tersebut dengan anggota badan, yaitu menjadikan kenikmatan tersebut wasilah untuk meminta pertolongan kepada Allah Ta’ala, mempergunakannya dalam hal-hal yang Allah Ta’ala ridai. Serta tidak mempergunakannya dalam hal-hal yang bisa mengundang murka-Nya.

Orang yang paling bahagia adalah ia yang bisa menjadikan kenikmatan-kenikmatan yang telah Allah berikan sebagai wasilah menuju Allah Ta’ala dan darulakhirat. Dan orang yang paling sengsara ialah ia yang dengan kenikmatan dari Allah Ta’ala justru mencapai hawa nafsunya.

Jadilah manusia yang kanaah dengan apa yang telah Allah Ta’ala karuniakan, maka engkau akan jadi manusia yang paling bersyukur. Dan ingatlah bahwa mensyukuri nikmat Allah Ta’ala termasuk ibadah yang sangat mulia. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Orang yang makan dan bersyukur sama halnya dengan orang yang berpuasa dan sabar.” (HR. Bukhari)

*) Diterjemahkan secara bebas dari kitab Khuthuwat ila as-Sa’adah karya Syekh Dr. Abdul Muhsin bin Muhammad al-Qasim –hafizhahullah, imam dan khatib masjid Nabawi, hal. 89-90.

Palembang,
Selasa, 7 Zulkaidah 1435 H / 2 September 2014 M
Setelah akhirnya kembali menyantap pindang ikan dan buah duku, walhamdulillah 🙂

Comments

  1. Reply

    • Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *